Blog Mitra

arrowRight

Inspirasi

imageBlog

15 Jenis Aneka Frozen Food Terlaris, Cocok untuk Jualan

8 Sep 2022

Frozen food merupakan makanan kemasan yang diawetkan dengan cara dibekukan. Cara menghidangkannya sangat praktis dan hemat waktu karena biasanya frozen food hanya perlu digoreng atau dihangatkan sebelum dikonsumsi.

Selain praktis, frozen food juga tahan lama dan tidak cepat basi sehingga makanan beku ini dapat dijadikan stok cadangan makanan untuk jangka waktu yang panjang. Tak heran, makanan ini jadi barang jualan yang laris manis.

Frozen food bukanlah suatu jenis makanan yang asing bagi masyarakat, terutama bagi yang ingin serba cepat saat mengolah makanan. Namun, saat ini aneka frozen food semakin banyak diminati karena memiliki pilihan varian, jenis, dan rasa yang semakin beragam.

Baca Juga: Ketahui Ide Usaha Rumahan yang Laku Keras, Nggak Ada Matinya!

Nama-Nama Frozen Food yang Paling Laris Dijual

Melihat banyaknya peminat frozen food, hal ini dapat menjadi potensi bisnis yang menjanjikan apabila dikembangkan. Berikut ini rekomendasi aneka frozen food yang paling banyak digemari.

1. Nugget

Ilustrasi Nugget

Sumber Gambar: Detikcom

Nugget merupakan salah satu jenis aneka frozen food yang akan selalu laris ketika dijual karena nugget disukai berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Nugget umumnya terbuat dari olahan daging ayam yang diselimuti tepung. Namun, kini nugget telah dimodifikasi sehingga tidak hanya terbuat dari olahan daging ayam, melainkan tersedia dalam berbagai varian olahan lainnya, seperti daging sapi, ikan, udang, sayuran, tahu, dan tempe.

Cara penyajiannya pun sangat praktis, yakni cukup dengan digoreng selama beberapa menit menggunakan minyak. Namun, akhir-akhir ini masyarakat menemukan alternatif penyajian nugget selain digoreng menggunakan minyak, yaitu dengan cara direbus atau menggunakan air fryer agar lebih sehat.

Nugget ayam dijual dengan harga mulai dari Rp17.000 per 250 gram. Kamu bisa menjualnya dengan harga mulai dari Rp20.000 per 250 gram.

2. Bakso

Ilustrasi Bakso

Sumber Gambar: Cara Membuat

Frozen food yang paling laris selanjutnya adalah bakso. Biasanya, masyarakat cenderung lebih memilih untuk membeli bakso dalam kemasan beku dengan alasan lebih praktis dibandingkan harus membuat adonan bakso sendiri.

Bakso biasanya dibuat dari daging sapi atau ikan yang digiling hingga halus. Saat ini, bakso hadir dengan modifikasi isian yang lebih kekinian, yakni di bagian dalamnya terdapat berbagai varian isian, seperti keju, rawit, daging giling, hingga telur.

Tak jarang, beberapa merek frozen food bakso juga menyertakan bumbu instan untuk membuat kaldu di dalam kemasannya sehingga konsumen semakin dimudahkan dalam proses penyajiannya.

Dalam satu kemasan biasanya terdapat sekitar 20–50 buah bakso tergantung dari berat dan ukuran dari tiap kemasan. Bakso sapi dijual dengan harga mulai dari Rp23.000 per 650 gram dan kamu bisa menjualnya dengan harga mulai dari Rp26.000.

3. Suki Mix

Ilustrasi Suki MIx

Sumber Gambar: Di Kemas

Tren budaya Asia Timur saat ini turut berdampak pada selera makan masyarakat kita. Salah satunya adalah budaya memakan sup dalam panci panas atau yang biasa dikenal dengan hot pot. Suki mix biasanya menjadi bahan utama dalam pembuatan sukiyaki dan tom yum.

Suki mix merupakan campuran dari berbagai macam bakso seafood, seperti ikan, udang, cumi, dan kepiting. Salah satu keunikan dari suki mix adalah bentuk dan warnanya yang menarik. Oleh karena itu, suki mix saat ini sangat populer di kalangan masyarakat dan laku keras di pasaran.

Suki mix biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp25.000 per 500 gram dan kamu bisa menjualnya dengan harga di mulai dari Rp 30.000 per 500 gram.

4. Daging Sapi, Ayam, Ikan, dan Seafood Beku

Ilustrasi Daging Ikan Salmon Mentah

Sumber Gambar: Klik Dokter

Aneka frozen food yang banyak digemari berikutnya adalah daging sapi, ayam, ikan, dan seafood beku. Dengan teknik pengemasannya yang rapat dan kedap udara, daging mentah ini dapat bertahan dalam waktu yang lama sehingga biasanya dijadikan stok cadangan bahan makanan di dalam kulkas.

Salah satu keunggulan dari jenis frozen food ini terletak pada kualitas dagingnya yang premium. Biasanya, daging yang dikemas merupakan daging dengan kualitas terbaik yang telah melewati proses seleksi sebelumnya dan telah dibersihkan.

Selain itu, daging sapi dan ayam biasanya telah dipotong menjadi per bagian. Untuk ikan biasanya telah di-fillet terlebih dahulu untuk menghilangkan tulang-tulangnya. Sedangkan, untuk udang biasanya kulitnya telah dikupaskan. Tak heran, daging mentah beku ini menjadi pilihan konsumen karena kepraktisannya.

Dari segi harga, daging sapi biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp30.000 per 200 gram, ayam dengan harga mulai dari Rp32.000 per 1 Kg, dan udang kupas dengan harga mulai dari Rp20.000 per 200 gram.

5. Sosis

Ilustrasi Sosis

Sumber Gambar: Liputan 6

Sosis umumnya terbuat dari daging sapi dan ayam. Sosis juga memiliki beragam varian, mulai dari yang berisi keju hingga sosis berbumbu. Selain itu, sosis tersedia dalam berbagai ukuran, ada sosis yang berukuran panjang dan pendek.

Sosis merupakan salah satu jenis frozen food yang selalu menjadi favorit sepanjang masa karena sosis dapat dihidangkan dengan berbagai cara penyajian, seperti digoreng, dipanggang, dibakar, hingga ditumis untuk menjadi campuran menu masakan lain.

Sosis biasanya dijual seharga Rp15.000 per 375 gram sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga mulai dari 18.000 per 375 gram.

Baca Juga: Rapi dan Menarik, Ini Dia Cara Menata Warung/Toko agar Pelanggan Betah Belanja!

6. Kentang Stik

Ilustrasi French Fries

Sumber Gambar: The Spruce Eats

Kentang stik beku merupakan salah satu aneka frozen food paling laris dan populer. Kentang stik beku memiliki varian rasa yang beragam, ada varian rasa yang original dan ada pula yang berbumbu, seperti rasa keju dan barbeque.

Frozen food ini juga dikenal dengan istilah french fries dan disajikan dengan cara digoreng di minyak terendam. French fries biasanya dinikmati sebagai makanan pendamping, misalnya pada steak, burger, hot dog, dan ayam goreng. Namun, tak jarang, french fries juga dijadikan sebagai camilan yang menemani di kala bersantai karena rasanya yang gurih dan renyah.

Kentang stick beku dibanderol dengan harga kisaran Rp18.500 per 450 gram dan Rp28.200 per 900 gram. Kamu bisa menjual dengan harga dimulai dari Rp22.000 per 450 gram dan Rp33.000 per 900 gram.

7. Dimsum

Ilustrasi Dimsum

Sumber Gambar: Liputan 6

Dimsum merupakan makanan khas negeri tirai bambu yang diolah dengan cara dikukus. Dimsum berisi daging ayam, udang, atau jamur dengan tambahan sayuran seperti irisan wortel dan daun bawang. Biasanya, dimsum dijadikan camilan atau bekal anak ke sekolah karena penyajiannya yang praktis.

Dimsum merupakan salah satu jenis frozen food dengan peluang bisnis yang menggiurkan. Dimsum biasanya dijual mulai dari Rp1.000–Rp4.000 per buahnya sesuai dengan varian rasa hingga ukurannya. Kamu bisa menjualnya dengan sistem per kemasan, misalnya dalam 1 kemasan berisi 10 buah dimsum dengan harga mulai Rp15.000.

8. Siomay

Ilustrasi Siomay

Sumber Gambar: Tagar

Frozen food selanjutnya yang banyak diminati adalah Siomay. Bahan dasar siomay terbuat dari daging ikan atau ayam dan campuran tepung yang digiling. Sama seperti dimsum, siomay juga disajikan dengan cara dikukus.

Dari segi harga, siomay dan dimsum memiliki rentang harga yang hampir sama. Siomay dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp1.000–Rp3.000 per buahnya. Kamu juga bisa menjualnya dalam satu kemasan berisi 10 buah siomay dengan harga di mulai dari Rp13.000.

9. Sayuran

Ilustrasi Sayuran Beku

Sumber Gambar: Krishi Jagran

Sayuran beku juga merupakan salah satu aneka frozen food yang laris dan banyak digemari. Sayuran beku biasanya disajikan sebagai menu makanan pendamping pada makanan utama, seperti steak, kari jepang, dan lainnya.

Dalam satu kemasan, sayuran beku biasanya berisi campuran kacang polong, jagung, dan wortel segar. Namun, ada pula sayur beku yang hanya berisi satu jenis sayuran dalam satu kemasan.

Sayur beku dapat menjadi alternatif pilihan bagi konsumen yang tidak ingin repot memotong sayur. Selain itu, sayur beku dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan sayuran biasa selama disimpan di dalam lemari pendingin.

Sayur beku biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp15.000 per 500 gram. Kamu bisa menjualnya dengan harga dimulai dari Rp18.000 per 500 gram.

10. Pempek

Ilustrasi Pempek

Sumber Gambar: Generasi Maju

Pempek merupakan olahan khas Palembang yang berbahan dasar ikan dengan campuran tepung kanji. Pempek frozen dapat disajikan dengan cara direbus atau digoreng. Biasanya, pempek dihidangkan bersama cuko atau kuah berwarna hitam pekat yang terbuat dari air, gula merah, dan bawang putih, serta bumbu lainnya sebagai pelengkap.

Pempek terdiri dari berbagai jenis, yaitu pempek lenjer, adaan, kapal selam, kulit, keriting, dan lainnya. Saat ini, pempek juga memiliki varian yang dimodifikasi dengan penambahan keju atau sosis sebagai isian.

Pempek umumnya dijual dengan harga di mulai dari Rp18.000 per 250 gram sehingga kamu dapat menjualnya dengan harga mulai dari Rp22.000 per 250 gram.

Baca Juga: Rincian Modal Usaha Angkringan, Cukup dengan Rp4 Juta!

11. Tempura

Ilustrasi Udang Tempura

Sumber Gambar: Pixabay

Tempura merupakan istilah gorengan khas Jepang. Jenis frozen food ini terbuat dari udang atau ikan yang telah dihaluskan dan dicampur dengan tepung.

Dengan cara penyajiannya yang digoreng terendam di minyak panas, tempura memiliki tekstur yang renyah. Biasanya, tempura dinikmati sebagai lauk bersama dengan nasi. Namun, tak hanya bisa dinikmati sebagai lauk, tempura juga cocok dijadikan camilan ketika bersantai.

Udang tempura biasanya dijual dengan harga Rp2.000–Rp5.000 per buah tergantung pada ukurannya. Kamu bisa menjualnya dalam bentuk kemasan dengan harga di mulai dari Rp25.000 per kemasan yang berisi 10 buah udang tempura.

12. Cireng dan Cimol

Ilustrasi Cireng

Sumber Gambar: Curhat Si Ambu

Cireng dan cimol pada dasarnya merupakan jajanan gerobak pinggir jalan khas Sunda yang banyak digemari karena rasanya yang gurih. Keunikannya terletak pada teksturnya yang renyah di luar, namun kenyal di dalam.

Perbedaannya antara cireng dan cimol terletak pada bahan dasar tepung yang digunakan. Cireng menggunakan bahan dasar tepung tapioka, sedangkan cimol berbahan dasar tepung kanji.

Kini, cireng dan cimol juga tersedia dalam kemasan yang dibekukan sehingga konsumen dapat menggorengnya sendiri di rumah.

Cireng dan cimol biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp12.000 per 400 gram. Oleh karena itu, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga mulai dari Rp15.000 per 400 gram.

13. Risol Mayo

Ilustrasi Risol Mayo

Sumber Gambar: Tastemade

Aneka frozen food berikutnya yang laris ketika dijual adalah risol mayo. Sesuai namanya, risol mayo merupakan risol yang berisi daging asap, keju, telur rebus, dan mayonaise di dalamnya.

Risol biasanya ditemukan di jajanan pasar, namun kini tersedia dalam bentuk kemasan beku. Risol mayo disajikan dengan cara digoreng menggunakan minyak. Biasanya, risol mayo dihidangkan menjadi camilan ketika bersantai.

Risol mayo umumnya dijual dengan kisaran harga Rp3.000–Rp5.000 per buah. Dengan menerapkan sistem kemasan, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga di mulai dari Rp35.000 per kemasan yang berisi 10 buah risol mayo.

14. Kebab

Ilustrasi Kebab

Sumber Gambar: Fimela

Kebab merupakan salah satu frozen food yang baru-baru ini populer di kalangan konsumen. Cara penyajian kebab beku ini hanya perlu dihangatkan saja menggunakan panci datar dengan sedikit olesan mentega.

Kebab memiliki varian yang beragam, yakni ada yang berisi daging sapi, daging domba, ayam, sosis, dan lainnya. Di dalam isian kebab juga terdapat keju, saus tomat, saus sambal, mayonaise, hingga sayuran.

Kebab beku biasanya dijual dalam box yang berisi 5–10 kebab dengan harga mulai dari Rp25.000 per box.

15. Donat Beku

Ilustrasi Donat Beku

Sumber Gambar: Unilever Food Solutions

Donat beku merupakan salah satu jenis frozen food manis yang laku keras dan banyak digemari. Donat beku biasanya menjadi pilihan camilan manis yang dapat disimpan dalam waktu lama di kulkas. Biasanya, donat beku disajikan dengan cara digoreng di minyak yang panas.

Donat beku terdiri dari beragam jenis bahan baku, ada donat yang terbuat dari kentang, ubi, gandum, dan terigu biasa. Varian rasa dari donat beku juga beragam, yakni gula salju, coklat, strawberry, blueberry, keju, dan lainnya.

Donat beku biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp20.000 per kemasan yang berisi 10 donat.

Baca Juga: Contoh PPT Business Plan yang Menarik dan Strukturnya

Demikian rekomendasi nama-nama frozen food yang paling laris dan cocok untuk jualan. Kini, frozen food telah berkembang pesat melalui inovasi dan modifikasi baru mengikuti perkembangan zaman.

Dari banyaknya nama-nama frozen food di atas, kamu bisa mulai memilih mana yang sekiranya paling sesuai untuk dijual kembali di bisnismu. Jika kamu memiliki keterampilan memasak, maka peluangmu semakin besar untuk membangun bisnis frozen food.

Tertarik untuk memulai usaha? Yuk, gabung menjadi Mitra Tokopedia! Mitra Tokopedia berhasil membuat 80% mitra yang telah bergabung meningkatkan penghasilannya 2x lipat dengan berjualan produk-produk fitur Grosir dan Digital online, loh. Cobain deh, dijamin untung terus!

Penulis: Sarah Nabilla

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2022, PT Tokopedia