Blog Mitra

arrowRight

Ide Usaha

imageBlog

8 Ide Usaha Rumahan yang Laku Keras, Nggak Ada Matinya!

6 Sep 2022

Merintis sebuah bisnis dapat dimulai dengan membangun usaha kecil-kecilan. Salah satu contohnya seperti bisnis yang dijalankan di rumah atau biasa disebut usaha rumahan.

Membangun usaha rumahan memiliki banyak keuntungan. Mulai dari bebas biaya sewa tempat, minim biaya transportasi dan konsumsi, hingga memiliki kendali penuh atas jam operasional. Jadi, kita tetap dapat meluangkan waktu untuk keluarga di rumah.

Jika dijalankan dengan gigih, usaha rumahan yang semula berskala kecil dapat berkembang menjadi bisnis yang besar. Saat ini, kehadiran teknologi digital semakin mendukung usaha rumahan untuk berkembang pesat. Tak heran, usaha rumahan kian menjamur di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Lagi Cari Kerja Part-Time untuk Anak Kuliahan? Cek Idenya Disini!

Inspirasi Usaha Rumahan yang Laris Manis

Masih bingung untuk memulai usaha rumahan? Simak ide usaha rumahan berikut!

1. Usaha Makanan Ringan

Usaha Makanan Ringan Rumahan

Sumber Gambar: Bisnis

Usaha kuliner memang merupakan usaha yang menjanjikan. Jika kamu memiliki keterampilan memasak dan memanggang kue, kamu bisa mencoba untuk membuka usaha rumahan di bidang kuliner.

Aneka makanan ringan seperti cemilan dan kue kering selalu diminati oleh masyarakat untuk dijadikan kudapan saat menikmati waktu santai. Kamu bisa membuka usaha makanan ringan di rumah dengan konsep yang unik lalu mempromosikan usahamu menggunakan media sosial.

2. Layanan Katering Sehat

Ilustrasi Usaha Katering Sehat Rumahan

Sumber Gambar: Maxmanroe

Berangkat dari pepatah “sehat itu mahal”, saat ini tren pola hidup sehat semakin marak digandrungi masyarakat karena orang-orang mulai menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Selain berolahraga, pola makan yang sehat juga menjadi aspek terpenting dalam mewujudkan hidup yang sehat.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membangun usaha katering sehat di rumah. Makanan yang dijual merupakan makanan yang memiliki porsi dan gizi yang seimbang, tidak mengandung MSG, rendah kalori, dan sebagainya. Dengan memanfaatkan bantuan YouTube, kamu bisa mencari dan mendapatkan referensi resep makanan sehat.

3. Jasa Laundry Kiloan

Ilustrasi Jasa Laundry Kiloan Rumahan

Sumber Gambar: Program Ipos

Jasa laundry kiloan merupakan ide usaha rumahan selanjutnya dengan keuntungan yang menjanjikan. Usaha rumahan laundry kiloan banyak diminati oleh pasangan-pasangan muda yang sibuk bekerja.

Oleh karena itu, usaha ini memiliki potensi laku keras apabila berlokasi di sekitar komplek perumahan sehingga sangat cocok untuk dijalankan di rumah.

Meskipun keuntungan yang didapat menjanjikan, modal awal yang harus dikeluarkan untuk merintis usaha ini tidak harus besar. Kamu hanya membutuhkan 1 mesin cuci atau lebih yang sekaligus memiliki fitur pengering, setrika, sabun cuci baju, dan timbangan.

4. Jasa Menjahit Baju dan Permak

Ilustrasi Jasa Menjahit Baju dan Permak

Sumber Gambar: Wikipedia

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit baju, sebaiknya jangan disia-siakan. Keterampilan tersebut dapat menjadi salah satu ide usaha rumahan yang tak pernah mati.

Kamu bisa membuka jasa menjahit baju di rumah. Namun, jika keterampilan menjahit bajumu masih minim, kamu bisa membuka jasa permak, seperti jeans, levis, atau pakaian yang sobek.

Dijamin deh, pasti tetangga pada mampir!

Baca Juga: Rincian Modal Usaha Angkringan, Cukup dengan Rp4 Juta

5. Jasa Desain Grafis

Ilustrasi Jasa Desain Grafis Rumahan

Sumber Gambar: Goat on The Road

Ide usaha yang bisa dijalankan di rumah berikutnya adalah jasa desain grafis. Keterampilan mendesain dapat disalurkan menjadi peluang usaha tanpa membutuhkan modal yang besar.

Kamu hanya membutuhkan sebuah laptop dan aplikasi untuk mendesain sebagai modal awal. Ide usaha ini juga tidak membutuhkan ruangan atau tempat khusus.

Kamu bisa memanfaatkan kehadiran media sosial untuk mempromosikan usahamu dengan cara mengunggah hasil karya desainmu di platform tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan sistem pemesanan dan pengiriman desain secara online agar lebih praktis.

6. Usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi Rumahan

Sumber Gambar: Bojonegoro

Usaha warung kopi merupakan salah satu inspirasi ide usaha yang laris dan bisa dijalankan di rumah. Jika kamu memiliki rumah dengan halaman depan atau teras yang luas, kamu bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk dijadikan lapak warung kopimu.

Usaha warung kopi idealnya beroperasi pada malam hari menyesuaikan dengan waktu orang-orang ramai nongkrong.

Jangan lupa untuk lengkapi warung kopimu dengan televisi agar kamu bisa mengadakan acara nobar atau nonton bareng ketika terdapat siaran pertandingan olahraga. Warung kopimu dijamin semakin ramai pelanggan saat siaran pertandingan olahraga berlangsung.

7. Membuka Salon Rumahan dan Jasa Tata Rias Wajah

Usaha Salon Rumahan

Sumber Gambar: Shakti Top Finance

Jika kamu memiliki keterampilan menata rambut, maka ide usaha rumahan yang cocok untuk kamu adalah membuka salon di rumah. Usaha ini membutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti gunting rambut, sisir, cermin, dan peralatan lainnya sebagai modal awal. Selain itu, kamu juga harus selalu up-to-date dengan tren potongan rambut masa kini.

Namun, apabila kamu lebih tertarik dengan tata rias wajah, maka kamu bisa menjadi MUA (Make-Up Artist) dengan membuka jasa merias wajah di rumah.

Ide usaha ini memiliki peluang yang cukup besar karena setiap minggunya dipastikan ada orang-orang yang membutuhkan riasan wajah untuk pergi ke acara tertentu, seperti hajatan, nikahan, wisuda, dan ulang tahun.

8. Membuka Warung dan Menjadi Agen Mitra Tokopedia

Usaha Warung dan Bergabung Menjadi Mitra Tokopedia

Sumber Gambar: Medium Life at Tokopedia

Ide usaha rumahan terakhir adalah membuka warung di rumah. Membuka warung memiliki peluang keuntungan yang menjanjikan karena menjual kebutuhan sehari-hari seperti sembako sehingga akan selalu laris dan tidak ada matinya.

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, warung kamu juga bisa menjual produk digital, seperti Pulsa, Paket Data, Voucher Game, Uang Elektronik, Token Listrik PLN, hingga melayani pembayaran tagihan, seperti PDAM, Tagihan Listrik PLN, Gas PGN, BPJS, Telkom, Internet & TV Kabel, dan lainnya.

Dengan bergabung menjadi agen Mitra Tokopedia, kamu bisa segera mewujudkan membuka warung di rumah, lho! Mitra Tokopedia adalah aplikasi untuk para pemilik toko, warung, dan individu yang ingin menambah pendapatan dengan berjualan produk-produk fitur Grosir dan Digital online.

Dengan menjadi agen Mitra Tokopedia, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti menikmati potongan langsung, promo cashback, hingga harga termurah untuk isi pulsa, listrik, dan produk digital lainnya, serta belanja kebutuhan warung dengan harga murah untuk dijual kembali.

Mitra Tokopedia mengedepankan aspek mudah & cepat, yakni semua terhimpun dalam satu aplikasi dengan layanan bantuan Live Chat 24 jam, serta pengiriman barang menggunakan Same Day Delivery dan Next Day Delivery. Warungmu dijamin selalu untung dengan Mitra Tokopedia!

Baca Juga: Ikuti Tips Mengembangkan Warung di Era Digital agar Warung Lebih Maju!

Itulah ide usaha rumahan yang dapat dijadikan inspirasi bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari rumah. Apapun ide usaha rumahan yang kamu jalankan, lakukanlah dengan fokus, gigih, dan pantang menyerah. Selalu berikan pelayanan terbaik serta terbuka terhadap kritik dan saran agar bisnismu dapat berkembang dengan baik.

Perlu diingat, kamu tetap harus membuat perencanaan dan perhitungan modal meskipun kamu hanya akan menjalankan usaha dengan skala kecil. Penting bagi kamu untuk mengetahui berapa besaran modal yang dikeluarkan, berapa banyak waktu yang kamu habiskan, hingga berapa banyak target yang ingin kamu capai dalam bisnis tersebut.

Agar usaha rumahanmu dapat berkelanjutan, pastikan arus kas tercatat dengan baik agar mudah bagimu untuk menyisihkan uang demi mengembangkan usahamu. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan kehadiran media sosial dan marketplace untuk memasarkan dan mempromosikan usahamu.

Penulis: Sarah Nabilla

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2022, PT Tokopedia