Blog Mitra

arrowRight

Ide Usaha

imageBlog

Rincian Modal Usaha Angkringan, Cukup dengan Rp4 Juta

5 Sep 2022

Angkringan merupakan usaha di pinggir jalan yang menjual makan malam sederhana. Angkringan bisa meraup keuntungan yang besar meskipun biasanya hanya bermodalkan gerobak yang beratapkan terpal atau lesehan di depan toko yang sudah tutup.

Angkringan banyak diminati dan menjadi pilihan tempat nongkrong oleh para kaum muda karena menyajikan hidangan dengan harga yang murah.

Sebelum memulai usaha angkringan, kamu perlu mengetahui estimasi biaya usaha angkringan dengan cara menyusun perencanaan anggaran bisnis angkringan terlebih dahulu.

Baca Juga: Satu Aplikasi untuk Semua Kebutuhan Bisnismu, Ya Mitra Tokopedia!

Modal Usaha Angkringan Rp4 Juta

Sebelum merintis sebuah usaha, pastikan kamu memiliki modal awal yang cukup. Kamu bisa merinci modal usaha angkringan seperti berikut ini.

Gerobak angkringan Rp1.800.000
Meja lesehanRp500.000
TikarRp200.000
Peralatan masakRp1.000.000
Alat makanRp500.000
TotalRp4.000.000

Kamu bisa memulai usaha angkringan hanya dengan modal awal sebesar Rp4 juta, lho! Namun, di samping modal awal, kamu juga harus memperhitungkan biaya operasional seperti rincian di bawah ini.

Biaya bahan baku makanan &
minuman per bulan
Rp4.000.000
Sewa tempat angkringan
per bulan
Rp500.000
Total Rp4.500.000

Usaha angkringan idealnya berada di tempat yang dilalui banyak orang agar mendatangkan banyak pelanggan, seperti di pinggir jalan raya. Harga sewa untuk lokasi di pinggir jalan biasanya berkisar Rp500 ribu per bulan.

Namun semakin strategis lokasinya maka akan semakin mahal pula harga sewanya. Apabila kamu memiliki modal berlebih, maka kamu bisa menyewa lokasi yang lebih strategis dengan harga sewa sekitar Rp1 juta per bulan.

Baca Juga: Pakai Mitra Tokopedia, Penjual Raih Untung 2x Lipat

Estimasi Keuntungan Usaha Angkringan

Usaha angkringan di Bali

Sumber Gambar: Suara Bali

Lantas, bagaimana keuntungan yang didapat dari usaha angkringan? Usaha ini terbilang cukup menjanjikan karena dapat meraup keuntungan yang besar hanya dengan modal awal yang kecil.

Misalnya, dengan estimasi 30 orang pelanggan yang membayar setidaknya Rp15,000 saat di angkringan kamu, kamu sudah bisa dapat omset atau penghasilan kotor sebesar Rp13,5 juta dalam sebulan.

Untuk mengetahui keuntungan yang didapat, kamu tinggal mengurangi pendapatan kotor dengan biaya operasional bulanan yang sebelumnya telah dihitung. Berdasarkan estimasi di atas, maka keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah Rp9 juta per bulan.

Namun, harga bahan baku makanan yang tidak stabil menjadi salah satu tantangan bagi pengusaha angkringan. Kenaikan harga bahan baku pada saat-saat tertentu dapat mempengaruhi biaya operasional.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kehadiran aplikasi ketika menjalankan usaha angkringan dengan cara memesan kebutuhan bahan baku makanan dari produk Kebutuhan Resto di Grosir Warung aplikasi Mitra Tokopedia.

Kebutuhan Resto Mitra Tokopedia

Mitra Tokopedia menawarkan produk-produk kebutuhan resto dengan harga terjangkau sehingga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan bahan baku makanan untuk usaha angkringanmu.

Baca Juga: Nyetok di Mitra Tokopedia Dijamin Harga Lebih MURAH!

Itulah estimasi rincian modal usaha angkringan yang bisa kamu jadikan referensi dalam menyusun perencanaan anggaran bisnis angkringanmu. Selain menghitung estimasi modal awal usaha, kamu juga harus mempertimbangkan aspek-aspek penting lainnya sebelum memulai usaha angkringan.

Mulai dari menentukan lokasi angkringan, pemilihan menu makanan yang akan dijual, fasilitas yang akan disediakan, hingga konsep tempat angkringanmu agar nyaman dijadikan tempat nongkrong. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat dan hidangan yang disajikan di angkringanmu agar para pelangganmu tidak berpindah ke lain hati.

Tertarik dengan bahasan di atas? Yuk, sekarang kamu nggak perlu ragu lagi untuk memulai usaha angkringanmu!

Penulis: Sarah Nabilla

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2022, PT Tokopedia