Blog Mitra

arrowRight

Inspirasi

imageBlog

Cari Kerja Part-Time untuk Anak Kuliahan? Cek 10 Idenya Di sini!

9 Nov 2022

Kerja paruh waktu atau kerja part time adalah pekerjaan dengan jumlah jam kerja yang lebih singkat dibandingkan dengan pekerjaan penuh waktu atau full time, yakni kurang dari 8 jam sehari. Tipe pekerjaan biasanya dilakukan dengan sistem shift atau bergantian.

Kerja part time sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para mahasiswa dengan dilandasi berbagai macam alasan, mulai dari keinginan membantu orang tua hingga ingin memiliki penghasilan sendiri agar hidup mandiri. Hal tersebut menjadi alasan utama para mahasiswa mengambil pekerjaan sampingan ini. Namun, tidak jarang kita menemukan para mahasiswa yang sukses di bidang pekerjaan sampingan yang mereka geluti.

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang menonjol antara pekerja yang bekerja full time dan yang bekerja part time. Yang membedakan hanyalah dari segi waktunya saja. Rata-rata pekerja penuh waktu akan menghabiskan sekitar 40 jam per minggu di kantor, sedangkan pekerja part time memiliki waktu yang lebih sedikit dari itu. Biasanya per hari hanya membutuhkan waktu sekitar 3–5 jam, tergantung jenis pekerjaannya.

Baca juga: Ini Ide Usaha Rumahan yang Laku Keras, Nggak Ada Matinya!

Ide Kerja Part-Time untuk Anak Kuliahan

Ilustrasi Anak Muda Kerja Part Time

Berikut ini beberapa ide kerja part time yang paling sering dikerjakan oleh anak muda.

1. Desain Grafis

Jika kamu memiliki keahlian dalam mendesain gambar, logo, fotografi, hingga edit video, kamu sangat beruntung! Perusahaan-perusahaan besar sekalipun pasti membutuhkan jasa kamu. Cobalah buat CV atau surat lamaran kamu semenarik mungkin, tidak mungkin perusahaan tidak melirikmu.

Dalam seminggu, kamu bisa menyelesaikan 2–3 pekerjaan. Upah yang kamu dapatkan bisa ditabung untuk biaya hidup sebelum mendapatkan pekerjaan tetap.

2. Copywriting dan Penerjemah

Website atau blog di dunia digital ini sudah umum untuk bersaing mendapatkan pembaca agar bisa mendapatkan penghasilan pasif. Sayangnya, banyak di antara mereka yang kadang tidak sempat menulis. Akhirnya banyak orang menawarkan jasa menulis artikel untuk website atau blog dengan bayaran tertentu.

Selain itu, ada juga yang membutuhkan jasa melakukan terjemahan bahasa. Jika kamu lihai dalam bahasa asing, pekerjaan ini akan sangat menguntungkan entah itu kamu sebagai penerjemah lisan maupun tulisan.

3. Bisnis dan Usaha Sampingan

Kamu mempunyai passion di bidang bisnis? Jangan khawatir karena bisnis kini menjadi lebih mudah dengan adanya marketplace seperti Tokopedia. Kamu bisa berjualan dan membuka usaha kecilmu sendiri secara online.

Modal yang dikeluarkan juga akan lebih sedikit karena kamu tidak memerlukan biaya sewa tempat. Apabila dijalankan dengan tekun dan gigih, bisnis yang awalnya berskala kecil di marketplace berpotensi menjadi besar dan sukses.

4. Part Time Barista

Pulang kerja atau kuliah masih punya waktu luang yang banyak? Cobalah melamar kerja part time di tempat kedai kopi. Selain menambah ilmu tentang kopi, kamu juga pasti menambah banyak teman. Ditambah lagi, pekerjaan sebagai barista ini sedang banyak dibutuhkan karena kedai kopi yang sedang menjamur di berbagai kota.

5. Sales Association

Kamu senang berinteraksi dengan lingkungan sekitar? Pekerjaan ini cocok untuk kamu! Di samping kamu memperkenalkan produk kamu kepada pengunjung, kamu juga harus sering senyum dan beramah tamah kepada pengunjung. Kamu bisa melamar di tempat retail seperti Department Store.

Baca juga: Contoh PPT Business Plan yang Menarik dan Strukturnya

6. Guru Les atau Tutor

Ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjadi seorang guru les atau tutor. Kamu dapat mencoba menjadi tutor di suatu tempat bimbel atau privat.

Tak perlu memiliki nilai akademik yang sempurna, apabila kamu memiliki pemahaman yang bagus terhadap suatu mata pelajaran, tidak ada salahnya menjadi guru les atau tutor. Apalagi jika jurusan kuliahmu adalah bidang pendidikan, kerja part time ini akan sangat relevan untukmu.

Selain jadi tutor untuk pelajaran akademik, lowongan guru les atau tutor di luar pelajaran akademik pun juga banyak dicari.

Jika kamu memiliki kemampuan memainkan alat musik atau menggambar, maka hal tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pekerjaan sampinganmu. Selain menambah uang jajan, kamu juga bisa terus melakukan hobimu dan berbagi ilmu dengan orang lain.

7. Admin Media Sosial

Di zaman sekarang, hampir seluruh perusahaan, instansi, dan organisasi membutuhkan akun media sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan admin media sosial untuk mengurus segala aktivitas publikasi, seperti mempublikasikan kegiatan perusahaan atau memasarkan produk dengan menggunakan berbagai jenis media sosial.

Posisi pekerjaan ini juga bisa menjadi rekomendasi kerja sampingan bagi mahasiswa yang ingin menambah penghasilan.

8. Makeup Artist

Bagi kamu yang suka dan memiliki keterampilan merias wajah, kamu bisa mencoba untuk menjadi make up artist. Cobalah untuk mulai menawarkan jasa rias kepada orang terdekatmu, seperti teman atau keluarga untuk menjadi pelanggan pertamamu. Biasanya jasa merias wajah banyak dicari untuk acara wisuda, pesta pernikahan, dan lainnya.

Untuk upahnya, di awal kamu tidak perlu mematok harga yang terlalu tinggi, yakni mulailah di kisaran 250 ribu Rupiah per orang. Jika jam terbang kamu sudah mulai banyak, baru kemudian bisa meningkat.

9. Video Editor

Untuk kamu yang gemar mengamati hingga memproduksi konten, maka video editor juga bisa menjadi inspirasi pekerjaan part time untuk para mahasiswa.

Pendapatan yang dibayarkan biasanya dihitung dari jumlah video yang kamu edit. Jadi, semakin banyak dan berpengalaman kamu dalam mengedit video, maka semakin besar pula pendapatanmu.

10. Menjadi Agen Produk Digital Mitra Tokopedia

Ide kerja part time dengan pendapatan yang menjanjikan adalah dengan bergabung menjadi agen Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital.

Dengan menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia, kamu bisa membuka bisnis kecil-kecilan untuk menjual produk digital, seperti Pulsa, Paket Data, Voucher Game, Uang Elektronik, Token Listrik PLN, hingga melayani pembayaran tagihan, seperti PDAM, Tagihan Listrik PLN, Gas PGN, BPJS, Telkom, Internet & TV Kabel, dan lainnya.

Dengan menjadi agen Mitra Tokopedia, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti menikmati potongan langsung, promo cashback, hingga harga termurah untuk isi pulsa, listrik, dan produk digital lainnya untuk dijual kembali.

Oleh karena itu, aplikasi Mitra Tokopedia tentu merupakan sebuah solusi nyata bagi kamu yang tertarik untuk menjadi reseller pulsa, token listrik, atau produk digital lainnya dengan harga beli yang lebih rendah dari harga gerai pada umumnya.

Pilihan produk yang ingin kamu jual beli tentu dapat lebih variatif mengingat aplikasi Mitra Tokopedia memiliki banyak kategori produk digital yang dapat kamu manfaatkan untuk aktivitas jual beli.

Baca juga: Cara Jadi Agen Token Listrik PLN pakai Aplikasi Mitra Tokopedia

Itu dia ide kerja part time yang bisa kamu lakukan sebagai remaja kuliahan. Kira-kira kerja part time yang mana yang ingin kamu coba?

Apapun jenis pekerjaan sampingan yang kamu jalankan, lakukanlah dengan fokus, gigih, dan pantang menyerah, namun jangan sampai meninggalkan kuliah sebagai kewajiban utamamu.

Penulis: Sarah Nabilla

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2022, PT Tokopedia