Blog Mitra

arrowRight

Inspirasi

imageBlog

4 Inspirasi Desain Toko Minimalis, Cocok untuk Buka di Depan Rumah

12 Sep 2022

Apakah desain toko harus jadi prioritas seorang pebisnis? Meskipun tidak ada aturannya, penampilan toko yang nyaman & rapi adalah salah satu hal yang menarik pelanggan. Jadi, desain toko termasuk hal yang perlu kamu perhatikan.

Salah satu cara berbisnis yang ramai dijalankan adalah buka toko atau warung di rumah. Selain dari segi biaya sewa yang minim, usaha akan semakin terpantau karena selalu berada dalam jangkauan pandangmu.

Saat ini, usaha rumahan memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Namun, bagaimana cara mendesain toko yang menarik kalau mau buka toko di depan rumah? Simak inspirasinya di bawah ini!

Baca Juga: Ketahui Cara Menata Warung Sembako yang Kecil agar Menarik Pelanggan

Model Desain Toko Kecil Minimalis untuk Toko Depan Rumah

Berikut model desain toko kecil depan rumah yang bisa dijadikan inspirasi bagi para pelaku UMKM

1. Model Toko Kecil Modern Minimalis

Model Desain Toko Kecil Modern Minimalis

Sumber Gambar: Home Shabby

Model desain toko kecil depan rumah yang pertama adalah modern minimalis. Model desain ini mengedepankan konsep ruangan yang serba simpel tanpa dipenuhi banyak ornamen pada interior. Kesan yang tercipta dari desain ini adalah bersih dan simpel dengan cat dinding dan interior berwarna netral.

Kamu bisa memanfaatkan garasi atau area parkir di rumahmu untuk dijadikan toko dan direnovasi dengan desain ini. Biasanya, model toko modern minimalis menampilkan bagian dalam ruangan toko melalui bukaan kaca jendela yang besar.

Oleh karena itu, desain ini banyak diaplikasikan untuk usaha cafe atau toko kue & roti. Namun, saat ini banyak juga salon yang juga menggunakan desain ini.

2. Model Toko Kecil Bergandengan dengan Rumah

Model Desain Toko Kecil Bergandengan dengan Rumah

Sumber Gambar: YouTube (Home design inspiration)

Model selanjutnya adalah desain toko kecil yang bergandengan dengan rumah. Model ini membagi rumahmu menjadi dua bagian, yakni untuk menjadi tempat tinggal dan toko. Ada dua cara untuk membagi rumahmu menjadi dua bagian, yaitu membagi rumahmu secara vertikal dan horizontal.

Pembagian secara vertikal berarti membagi rumahmu menjadi dua sisi kanan dan kiri. Posisi tempat tinggal dan tokomu akan bersebelahan. Misalnya, sisi kanan diperuntukkan sebagai tempat tinggal dan sisi kiri menjadi toko.

Model Desain Toko Kecil Bergandengan dengan Rumah Horizontal

Sumber Gambar: Lacak Harga

Sebaliknya, pembagian secara horizontal berarti membagi rumahmu menjadi dua sisi atas dan bawah. Biasanya pembagian horizontal diterapkan pada rumah yang bertingkat. Pada pembagian ini, posisi tempat tinggal dan tokomu menjadi atas-bawah. Misalnya, lantai bawah dijadikan sebagai toko dan lantai atas sebagai tempat tinggal.

Pada model desain ini, kamu cenderung memiliki ruang yang luas untuk toko karena tokomu memiliki sekurang-kurangnya setengah dari area rumah. Konsep ini cocok dijadikan toko untuk usaha yang setidaknya membutuhkan area yang sedikit lebih luas.

Misalnya, warung sembako dan toko kelontong yang membutuhkan area untuk berjualan dan area gudang penyimpanan barang, atau rumah makan yang membutuhkan area meja makan dan area dapur.

Baca Juga: Ketahui Ide Usaha Rumahan yang Laku Keras, Nggak Ada Matinya!

3. Model Toko Kecil Tropis Modern

Model Desain Toko Kecil Tropis Modern

Sumber Gambar: Rumah123

Model desain tropis modern mengusung konsep toko kecil yang berada di rumah tropis. Model desain ini biasanya diaplikasikan di area teras rumah. Kamu bisa menggunakan dinding dengan batu alam sebagai desain toko yang selaras pada model ini.

Tambahkan juga unsur tanaman hias,seperti tanaman gantung dan bonsai untuk menambah kesan tropis pada tokomu.

Model desain ini cocok diterapkan untuk toko yang menjual peralatan berkebun, ikan & burung hias, atau sayur dan buah-buahan.

4. Model Toko Kecil Sederhana

Model Desain Toko Kecil Sederhana

Sumber Gambar: Parboaboa

pabila dana renovasi terbatas dan tidak ada ruang atau lahan di rumah yang tersisa, maka kamu bisa menerapkan model toko kecil sederhana sebagai desain toko di rumahmu karena model ini hanya perlu mengubah ruang tamu menjadi toko.

Kamu bisa memanfaatkan rak etalase kaca sebagai pembatas antara tempat tinggalmu dengan toko sehingga pelanggan tidak bisa masuk lebih dalam ke area rumahmu.

Model ini sebaiknya diaplikasikan untuk usaha yang waktu transaksinya singkat agar pelanggan tidak menumpuk di area tokomu berhubung area tokomu cukup sempit. Contoh usaha yang cocok dengan model desain ini adalah konter pulsa dan produk digital lainnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Frozen Food Terlaris, Cocok untuk Jualan!

Demikian model desain toko kecil minimalis depan rumah yang bisa menjadi inspirasi untuk bisnismu. Apapun model desain yang kamu pilih, jangan lupa untuk selalu lengkapi tokomu dengan rolling door demi menjaga keamanan, apalagi tokomu berada di wilayah rumahmu yang juga menjadi tempat tinggalmu.

Tertarik untuk memulai usaha? Yuk, gabung menjadi Mitra Tokopedia! Mitra Tokopedia berhasil membuat 80% mitra yang telah bergabung meningkatkan penghasilannya 2x lipat dengan berjualan produk-produk fitur Grosir dan Digital online, loh. Cobain deh, dijamin untung terus!

Penulis: Sarah Nabilla

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2022, PT Tokopedia