Blog Mitra

arrowRight

Tips & Trik

imageBlog

Cara Memulai Bisnis Sembako Grosir dengan Mudah

28 Oct 2022

Bisnis sembako merupakan bisnis dengan keuntungan yang cukup menjanjikan karena sembako merupakan kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan. Banyaknya toko kelontong di sekitar rumahmu dapat menjadi peluang besar bagi kamu untuk memulai bisnis dengan menjadi agen sembako grosir.

Namun, membuka usaha grosir sembako bukan hanya sekadar menjual sembako. Punya bisnis sembako grosir juga termasuk menyediakan dan menjual barang dalam jumlah besar yang akan dibeli oleh para pemilik toko kelontong untuk dijual kembali.

Bisnis sembako grosir harus dijalankan dengan cara yang tepat agar usahamu selalu menjadi pilihan calon pelanggan, karena para pemilik toko kelontong yang akan menjadi calon pelanggan-mu pada dasarnya memiliki banyak pertimbangan sebelum membeli secara grosir di tokomu.

Baca Juga: Langkah Mudah Nyetok Warung di Mitra Tokopedia

Tips & Cara Mulai Bisnis Sembako Grosir

Ilustrasi Kasir di Toko Sembako Grosir

Sumber: Ayo Surabaya

Membuka bisnis sembako grosir tidak bisa dilakukan secara gegabah dan sembarangan. Berikut adalah cara memulai bisnis sembako grosir yang tepat.

1. Hitung Modal

Dalam menghitung modal usaha, bukan hanya mempertimbangkan modal untuk membeli produk-produk yang akan dijual, namun pertimbangkan juga mengenai karyawan, peralatan toko, perlengkapan toko, membayar sewa tempat, dan lain-lain.

Dengan menghitung modal dan merincinya, kamu akan mudah untuk menghitung perkiraan keuntungan yang didapatkan. Dengan perhitungan modal yang tepat, kamu juga dapat meminimalisir risiko kerugian dari penjualan.

2. Mencari Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari lokasi yang strategis. Strategis yang dimaksud untuk toko sembako adalah sering dilewati, mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor, dekat dengan pemukiman, dengan dengan pasar, dan tempat potensial lainnya, dengan begitu, toko sembako grosirmu akan mudah berkembang karena terlihat oleh banyak calon konsumen.

Selain itu, kamu juga perlu tahu kondisi lingkungan sekitar, apakah banyak kompetitor sembako grosir? Jika iya, pertimbangkan lingkungannya jangan sampai kompetitor yang berdekatan lokasinya dapat menjadi ancaman untukmu.

3. Riset Kebutuhan Konsumen

Sebelum menyediakan barang untuk di jual di toko grosirmu, cari tahu terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan konsumen. Mulai dari kategori produknya hingga merek-merek tertentu. Dengan mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, kamu dapat fokus menyediakan produk tertentu dengan stok yang lebih besar.

Baca Juga: Cara Jadi Mitra Tokopedia, Nyetok & Jualan Dijamin Lebih MURAH!

4. Survei Harga

Pelajari harga-harga sembako yang dijual di beberapa toko. Bandingkan harganya dengan setiap toko. Hal ini berguna untuk kamu saat menetapkan harga barang yang dijual di toko. Dengan begitu harga sembako yang kamu jual tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah!

5. Promosi

Dalam menjalankan bisnis apapun, promosi adalah hal utama yang perlu disiapkan baik saat perencanaan atau dilakukan beriringan dengan berjalannya bisnis. Promosi dapat menjadi media untuk memberitahu calon konsumen terhadap bisnis kita.

Jika untuk toko grosir sembako online kamu bisa memasarkannya melalui internet, promosi untuk bisnis sembako dapat lakukan secara offline pula. Cara yang berpengaruh untuk bisnis sembako grosir adalah dengan menggunakan brosur. Buatlah brosur dengan desain yang menarik dan sebarkan ke warung-warung kelontong serta warga sekitar lokasi bisnis kamu.

Sebagai bentuk promosi tambahan, pasang spanduk berukuran besar di depan toko untuk membuat tokomu mudah dilihat oleh orang-orang yang melewati toko.

6. Siapkan Dana Cadangan

Tidak ada salahnya menyiapkan dana cadangan sejak awal membuka bisnis sembako grosir, karena hal yang tidak diinginkan bisa terjadi kapan saja, seperti banjir, perampokan, dan hal-hal tidak terduga lainnya, Jadi, ada baiknya kamu menyisihkan dana cadangan dari modal awal membuka usaha untuk berjaga-jaga agar bisnis sembako dapat berjalan lancar jika terjadi hal yang tidak terduga.

7. Mempunyai Supplier

Satu yang lagi hal paling penting yang tidak boleh terlewat adalah mencari supplier. Supplier merupakan pemasok barang, dari supplier sendiri kita bisa menentukan varian produk yang ingin dijual hingga menentukan besaran keuntungan yang akan kita dapatkan.

Oleh sebab itu kita juga harus cermat dalam memilih supplier, utamakan memilih supplier yang terpercaya dan mempunyai barang-barang yang lengkap untuk dijual kembali di tokomu.

Namun kamu tidak perlu pusing, karena kamu dapat dengan mudah mendapatkan barang grosir untuk dijual kembali dengan menjadi Mitra Tokopedia. Dengan menjadi Mitra Tokopedia, kamu bisa membeli berbagai stok produk grosir dengan harga yang lebih mudah dibandingkan membelinya di supplier lain, jadi keuntungan yang kamu dapatkan pasti akan lebih besar!

Baca Juga: Satu Aplikasi untuk Semua Kebutuhan Bisnismu, Ya Mitra Tokopedia!

Nah itulah cara memulai bisnis sembako grosir! Hal terpenting dalam memulai bisnis grosir adalah menjual barang yang lengkap dengan harga yang mudah. Keduanya dapat kamu jalankan dengan menjadi Mitra Tokopedia.

Selain menjual produk grosir yang lengkap dan murah, menjadi Mitra Tokopedia juga membuat bisnis kamu berjalan lancar karena mudah, cepat, dan banyak untungnya! Yuk, segera manfaatkan peluang yang ada dengan menjadi Mitra Tokopedia!

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2022, PT Tokopedia