Blog Mitra

arrowRight

Tips & Trik

imageBlog

4 Cara Halus Menagih Hutang, Nggak Perlu Segan!

31 Oct 2022

Pak/Bu Mitra pernah merasa sungkan saat menagih hutang kepada pelanggan? Tidak jarang, pelanggan yang berhutang malah lebih galak daripada kita yang menagih dan berujung terjadi perselisihan penuh drama.

Padahal, hutang tersebut adalah hak kita sebagai pemberi pinjaman dan sudah menjadi kewajiban si pelanggan yang berhutang untuk membayar tepat waktu.

Namun, Pak/Bu Mitra tidak perlu khawatir. Kini ada strategi sederhana yang bisa Pak/Bu Mitra lakukan supaya pelanggan yang berhutang bisa segera sadar untuk membayar hutangnya. Strategi berikut akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak pemberi hutang dan yang berhutang. Hutang lunas, hati tidak panas.

Baca Juga: Nyetok di Mitra Tokopedia Dijamin Harga Lebih MURAH!

Kiat Menagih Hutang kepada Pelanggan dengan Halus

Berikut cara menagih hutang dengan halus yang wajib kamu terapkan tanpa menyinggung perasaan orang yang berhutang.

1. Tanyakan kabar pelanggan

Tanyakan kabar melalui WhatsApp atau telepon sebagai pencair suasana. Jika suasana hati terlihat baik, kamu bisa mulai pelan-pelan menyinggung tentang hutangnya yang belum dibayar.

2. Ingatkan kembali tanggal jatuh tempo

Ingatkan dengan sopan kapan seharusnya pelanggan membayar hutang. Mungkin pelangganmu memang lupa kapan seharusnya hutang tersebut dibayar sesuai dengan yang dijanjikan.

Kamu bisa cek daftar nama pelangganmu di fitur Catatan Hutang Mitra Tokopedia, lengkap dengan status hutangnya dan tanggal hutang tersebut ditambahkan.

Baca Juga: Cara Pakai Fitur Catatan Hutang Mitra Tokopedia dengan Mudah Jadi Makin Untung

3. Tetap Tenang

Kecenderungan untuk marah saat hutang tidak dibayar memang wajar, tetapi semakin kita marah pelanggan juga bisa semakin tidak kooperatif. Ambil waktu untuk menenangkan diri sebelum berbicara lagi kepada pelanggan.

Sabar yah, Pak/Bu! Memang nggak mudah menghadapi pelanggan yang suka terlambat bayar hutang, semoga Pak/Bu Mitra ditambahkan rezekinya! Amin.

4. Catat Hutang & Simpan Bukti

Catatan dapat menjadi bukti bahwa pelanggan memang memiliki hutang dan kita juga menjadi tidak ragu saat menagihnya. Buat juga surat perjanjian mengenai hutang tersebut, apalagi jika hutang berjumlah besar.

Mengatasi masalah tersebut, kamu bisa gunakan fitur Catatan Hutang Mitra Tokopedia. Seperti cerita dari Mitra Peri Irawan ini.

article

“Saya pernah mengalami problem dengan konsumen masalah utang, catatan hutang di saya dan konsumen beda tapi Alhamdulillah dengan adanya catatan hutang di Mitra Tokopedia yang jelas dengan tanggal-tanggal nya, catatan hutang saya yang benar dan konsumen yang salah menghitung, saya merasa sangat terbantu dengan adanya catatan hutang di Mitra Tokopedia saya ga usah bingung bingung jika ada problem di masalah hutang-hutang dan untuk menjumlahkan hutang, bisa dijumlah otomatis.”

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Sembako Grosir dengan Mudah

Semangat ya, Pak/Bu Mitra! Semoga dengan strategi di atas pelanggan jadi segera sadar untuk melunasi hutangnya tanpa perlu berbelit-belit.

Yuk, lengkapi kebutuhan usahamu dengan bergabung menjadi Mitra Tokopedia! Mitra Tokopedia berhasil membuat 80% mitra yang telah bergabung meningkatkan penghasilannya 2x lipat dengan berjualan produk-produk fitur Grosir dan Digital online, loh. Cobain deh, dijamin untung terus!

mitra-icon

Download aplikasinya sekarang

google-play

Ikuti Mitra Tokopedia

Facebook

Facebook

Instagram

Instagram

© 2009 - 2023, PT Tokopedia